Kondisi Kesehatan Umum yang Disebabkan oleh Penyalahgunaan Zat

Kondisi Kesehatan Umum yang Disebabkan oleh Penyalahgunaan Zat

Kondisi Kesehatan Umum yang Disebabkan oleh Penyalahgunaan Zat -Kecanduan zat apa pun, baik legal maupun ilegal, dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius. Sayangnya, penyalahgunaan dan kecanduan zat telah mencapai proporsi epidemi di banyak bagian dunia, termasuk Amerika Serikat. Pada tahun 2017, misalnya, diperkirakan 11,2% orang berusia 12 tahun ke atas di AS menggunakan zat ilegal yang memabukkan pada bulan sebelumnya.1

Beberapa zat, seperti alkohol dan nikotin, legal untuk orang di atas usia tertentu, tetapi banyak orang masih berjuang melawan kecanduan zat ini. Zat lain, seperti obat sintetik atau inhalansia, bisa sangat berbahaya karena efeknya yang tidak dapat diprediksi dan berbahaya bagi mereka yang menggunakannya. pada kesempatan kali ini artikel kali ini akan membahas Kondisi Kesehatan Umum yang Disebabkan oleh Penyalahgunaan Zat yang ada dibawah ini.

Opioid Misuse and Addiction: MedlinePlus

Kondisi Kesehatan Umum yang Disebabkan oleh Penyalahgunaan Zat

Efek Kesehatan dari Penyalahgunaan Narkoba dan Alkohol

Penyalahgunaan obat-obatan atau alkohol dapat menyebabkan perubahan pada kimia otak. Selanjutnya, zat tersebut sering diproses melalui banyak sistem tubuh yang berbeda, berpotensi menyebabkan kerusakan yang menyebar lebih luas.2 Perubahan ini dapat menyebabkan kerusakan permanen. Jika Anda mengkhawatirkan kesehatan Anda atau orang yang Anda cintai karena penyalahgunaan zat, ketahuilah bahwa ada bantuan di luar sana.

Infeksi dan Kerusakan Sistem Kekebalan Tubuh

Obat-obatan yang disuntikkan secara intravena membawa risiko infeksi yang sangat tinggi, terutama dari HIV, hepatitis B dan C, atau infeksi bakteri karena berbagi jarum suntik yang kotor. Obat lain juga meningkatkan risiko infeksi tertentu, seperti infeksi saluran pernapasan atas akibat mendengus atau merokok. narkoba.

Euforia yang terkait dengan banyak zat memabukkan, terutama alkohol, kokain, dan narkotika, dapat menurunkan hambatan, yang meningkatkan kemungkinan mengambil risiko seksual dan tertular IMS. Beberapa obat, seperti kokain, berdampak langsung pada kemampuan sistem kekebalan untuk membuat sel darah putih, yang mengurangi respons kekebalan terhadap infeksi.

Masalah Kardiovaskular

Stimulan dapat meningkatkan detak jantung pengguna sementara depresan SSP dapat memperlambatnya. Tekanan darah tinggi atau rendah yang konsisten dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko penggumpalan darah, cedera iskemik, dan masalah peredaran darah lainnya seperti diseksi aorta atau arteri koroner.

Banyak zat memabukkan dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur. Stimulan, seperti kokain atau metamfetamin, dapat menyebabkan kematian akibat overdosis akibat serangan jantung.

Masalah Gastrointestinal

Obat-obatan yang tertelan secara oral, seperti alkohol atau obat resep seperti obat opioid atau obat ADHD dapat merusak sistem pencernaan. Opioid dapat menyebabkan sembelit kronis, dan zat lain dapat menyebabkan sakit perut, gangguan pencernaan, mual, atau muntah.

Gangguan pencernaan kronis (seperti yang berhubungan dengan minum kronis) disebut penyakit refluks gastrointestinal (GERD), yang dapat merusak kerongkongan dan membuat makan makanan tertentu menjadi menyakitkan. Muntah yang sering terjadi karena zat juga dapat menyebabkan kerusakan pada kerongkongan dan menyebabkan masalah kekurangan gizi.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *